Wisata Pantai Pulau Serangan Bali

Dahulu kala, Pulau Serangan Bali merupakan pulau yang terpisah dengan Pulau Bali yang terletak di sisi sebelah timur Pulau Bali dengan dibatasi oleh Hutan Bakau yang sangat lebat dan indah. Namun pada era pemerintahan Presiden Soeharto, Pulau Serangan dihubungkan dengan sebuah jalan yang dibangun di atas tanah kampur yang di tumpuk sepanjang 2 Km dari Pulau Bali menuju Pulau Serangan. Pembangunan jalan ini juga berdampak terhadap kehidupan masyarakat di Pulau Serangan Bali, dimana kini sudah mulai banyak ditemui perusahaan-perusahaan yang membangun kantor dipulau serangan, beberapa daya tarik dari Pulau Serangan ialah, Pura Sakenan, Watersport dan Pantai yang masih asri. Kata Serangan sering disebutkan berasal dari kata “sira” dan “angen”. dahulu kala, banyak pelaut yang berasal dari makasar sering singgah di Pulau Serangan untuk mencari air minum. Setelah minum air di pulau ini, mereka pun akhirnya terkena pengaruh Sira Angen – sehingga merasa sayang atau kangen terhadap Pulau Serangan Bali. Sehingga membuat sebuah pemukiman suku Bugis di Pulau Serangan ini, hingga saat ini pemukiman tersebut terus berkembang sehingga melahirkan banyak keturunan baru.

Pantai Pulau Serangan

Pantai Pulau Serangan

Pura Sakenan
Pura Sakenan, merupakan sebuah pura yang sangat di Agung-kan di Bali, dimana menurut beberapa sumber, kelompok tempat suci di Pulau Serangan dibangun oleh Mpu Kuturan pada abad ke-12 dan sebagian lagi oleh Danghyang Nirartha pada abad ke-15. dimana para orang suci itu membangun tempat suci karena juga merasa sira angen dengan keindahan alam yang natural dan vibrasi spiritual Serangan. Maka, dibangunlah di situ tempat suci yang memiliki kekhasan arsitektur mirip dengan Pura Luhur Uluwatu yang berlokasi di ujung selatan Pulau Bali.

Wisata Air
Perkembangan Pulau Serangan, juga berdampak terhadap pawirisata di pulau tersebut, dimana dengan menempuh perjalanan sekitar 10Menit menggunakan kendaraan, kita sudah dapat menikmati pemandangan Pantai yang masih Asri di Pulau Serangan serta Olahraga Watersport yang juga tersedia di sini, antara lain: parasailing, banana boat, jet ski dan aktivitas lainnya. Sepanjang jalan menuju Pantai, juga terdapat beberapa bangunan warung kecil yang menawarkan makanan Ikan Bakar dan Sambal Matah khas Bali yang kenikmatannya sangat Lezat. Pulau Serangan juga menjadi tempat konservasi budidaya Penyu di Bali, dimana anda juga dapat melihat budidaya hewan yang sudah tergolong langka ini.