Goa Gajah

#GoaGajah Merupakan bagian dari kawasan pura seluas 16.100Meter persegi yang bangun pada abad ke 11 yang ditemukan oleh aekeolog Belanda pada tahun 1923. Goa Gajah terletak di Desa Bedulu kecamatan Blahbatu yang merupakan salah satu objek wisata di kabupaten Gianyar Bali. Goa Gajah digunakan masyarakat Hindu untuk beribadah namun umah beragama Budha pun ada yang beribadah di kawasan Goa Gajah. Hal ini dikarenakan ditemukannya akuluturasi antara dua agama tersebut di kawasan Goa Gajah.

Goa Gajah

Goa Gajah

Dikawasan Goa Gajah terdapat patung Ratu Brayut dan Ratu Jempiring yang juga mengapit keberadaan dari Patung Ganesha serta terdapat artefak yang ditata rapi seperti tentara berbaris di sisi barat daya pelataran Goa Gajah. Di sini, anda juga dapat menyaksikan sebuah kolam pemandian yang di gunakan oleh masyarakat dahulu kala. kolam pemandian ini bernama Sapta Gangga yang artinya dimaknai dari nama-nama sungai di India. Nama sungai-sungai tersebut ialah Sungai Gangga, Yamuna, Saraswati, Narmada, Koari, Ganawani dan Sindu. sesuai namanya, maka kolam ini pun memiliki tujuh pancuran berpua patung bidadari yang membawa kendi dimana air keluar dari dalam kendi tersebut, sehingga bagaikan air pancuran. Tujuh pancuran berupa patung bidadari tersebut menempel di bagian diding timur kolam pemandian yang menghadap ke arah jalan masuk ke areal Goa Gajah.

Disisi dalam Goa Gajah yang terdapat di sisi dinding tebing, hanya diterangi oleh pancaran lampu 5 watt, hal ini sama seperti saat jaman dahulu kala yang hanya menggunakan pancaran cahaya dari obor. Sepanjang goa tersebut, terdapat lima belas ceruk yang lebar dan tingginya seukuran orang dewasa. Jaman dahulu kala, ceruk ini digunakan orang untuk melakukan ritual petapaan, namun kini sudah tidak digunakan lagi, kita hanya bisa melihat canang atau sesaji kecil yang diletakan umat yang berdoa untuk meminta keselamatan. Bentuk dari Goa Gajah ini berupa huruf T. Di Goa ini juga pun terdapat Patung Tri Murti yaitu Patung Dewa Brahma, Patung Dewa Wisnu, Patung dewa Siwa.

Di sisi bagian lain Goa Gajah, anda dapat melihat sebuah Patung Budha di sisi selatan goa, dimana terdapat sebuah pura kecil yang berisikan patung Budha, hal inilah yang melambangkan akulturasi Budha dan Hindu di Goa Gajah.